Majulah Pemudi-Pemuda Nahdlatul Ulama!

Sebagai anak aktifis NU, mau tidak mau, suka tidak suka, aku harus "terseret," juga di arena organisasi ini. Almarhum orangtuaku termasuk cukup aktif di NU Mojoagung, khusus kakek dan bapak; Kiai Abd. Wahab Babut Sumobito dan Mashudan Dar.

Posisi terakhirnya, jika tidak salah, sekretaris Majelis Wakil Cabang -- kepengurusan level kecamatan. Itu sebabnya, barangkali hanya dia yang memiliki mesin ketik di desa kami, awal 80an. Aku kagum dengan kemampuan ngetiknya. Kelas 3 MI (SD) aku sudah bisa ngetik.

Rumah kami sering ditempati aneka rapat. Aku tidak tahu rapat apa saja. Pokoknya ngomong politik dan kemasyarakatan. Tahun-tahun itu NU dan PPP memang seperti dua sisi matauang. Persis saat ini. NU dan PKB. Urusan organisasi dan partai politik campur-aduk.

Setelah lulus MI, aku meninggalkan kecamatan Mojoagung. Keluar. Pergi ke pesantren hingga lulus SMA. Begitulah tradisi kami keluarga santri. Namun nampaknya tidak semua keluarga santri demikian. Ada banyak yang memilih mendidik anaknya di sekolah sekitar rumah. 

Selesai SMA, sekitar pertengahan 90an, aku pulang ke Mojoagung. Sebelum akhirnya aku harus ke Pare beberapa saat untuk kursus bahasa Inggris dan mondok. Pada saat itulah aku mencoba aktif mengikuti berbagai kegiatan para pemuda/i Nahdlatul Ulama Mojoagung. 

Salah satu kegiatan yang aku sukai adalah Kajian Islam Intensif, semacam forum mendialogkan berbagai isu publik dikaitkan dengan respon agama (Islam). Ada semacam semangat membara agar agama tidak berhenti hanya pada ritualitas. 

Yang juga aku ingat, saat itu isu antaragama masih terlalu pelik untuk ditawarkan. Kami sama sekali tidak menyentuh, misalnya, isu relasi Islam-Kristen atau isu rasial seperti Tionghoa-Jawa. Apalagi isu keragaman gender dan seksualitas. Masih jauh sekali untuk menyentuh hal itu.


Puluhan tahun aku sudah tidak lagi tahu perkembangan IPPNU-IPNU Mojoagung, hingga deklarasi GUSDURian Mojoagung , 11 November 2020.

Aku senang sekali melihat banyak eksponen dari mereka ikut hadir. Padahal acaranya dilaksanakan di dalam gereja. Mereka agak canggung awalnya. Namun itu tidak berlangsung lama. Mereka dengan cepat sekali membaur. 

Meskipun demikian, aku tahu keberadaan mereka saat itu dipersoalkan banyak senior di wilayah Mojoagung. Sebagaimana cara berpikir faksi NU model tradisionalis, senior-senior tersebut keberatan jika Islam (NU) terlihat terlalu dekat dengan kekristenan. 

Sangat mungkin mereka takut para kader IPPNU-IPNU akan tergerus imannya dan jatuh menjadi Kristen. Ketakutan tersebut perlu diapresiasi; tidak dengan menyalahkan, tidak dengan menghindari gereja, namun justru dijadikan pelecut uuntuk membuktikan kebesaran religiusitas ber-NU dengan cara tetap membangun relasi baik antaragama.


Majulah para pemudi/pemuda Nahdlatul Ulama! 

No comments:

Post a Comment

Featured Post

EMPAT TIPE IDEAL PERKAWINAN BEDA AGAMA (PBA); KAMU ADA DI MANA?

Surat Edaran Mahkamah Agung No. 2 Tahun 2023 semakin menyulitkan mereka yang ingin PBA tanpa mengubah kolom agama di KTP. SEMA a quo secara ...

Iklan

Tulisan Terpopuler