VIDEO 416

Beberapa hari lalu, Pdt. Sisca dari Papua mengontakku sembari mengirimkan undangan. Isinya, undangan menghadiri ibadah perayaan ulang tahun GPI (Gereja Protestan di Indonesia) dan permintaan membuat video pendek ucapan selamat.

Aku terperanjat saat melihat berapa usia gereja ini. "Hah?! 416 tahun? Tua sekali," batinku. Ini gereja paling tua yang pernah bersinggungan dengan kehidupanku. 

Aku kemudian mengaktifkan kalkulator di gadget, menghitung 2021 dikurangi 416. Hasilnya 1605. Apakah ini tahun yang dianggap titik tolak pendirian gereja ini? 

Dengan penasaran, aku berusaha mencari tahu informasi terkait GPI di internet. Tahun ini merujuk pada ibadah pertama De Protestantche Kerk in Nederlandsch-Indie di Benteng Victoria Ambon, Selasa 27 Februari. 

Ibadah ini diklaim sebagai cikal bakal gerakan protestan di Indonesia, bahkan Asia. Kira-kira seratusan tahun sebelumnya, kerajaan Demak telah berdiri sebagai mercusuar politik islam di Jawa. Walisongo, sebelum akhirnya dipindah ke Pajang.

Aku belum pernah ke Masjid Demak maupun ke Pajang. Aku juga tidak pernah bertemu secara fisik dengan Pdt. Sisca. Kabarnya ia berada di Papua setelah beberapa waktu lalu sempat berdinas di GPI Jakarta. 

Meski demikian, hal in tidak membuatku canggung berkomunikasi dengannya. Sebelumnya, kami berdua cukup sering berkomunikasi untuk sebuah zoominar di GPI.

Ketidakcanggunganku dengannya, serta GPI, sebagian juga dikarenakan aku sudah lebih dulu kenal dengan ketua umumnya; Pendeta Liestje Sumampouw. Aku kerap memanggilnya "kak" -- Kami satu geng di working-team project PGI.

Awalnya aku pikir GPI hanya seperti denominasi lain, misalnya, GKI, GPIB, GKJW, GKJ, GPM dan yang lain. Namun rasanya aku tidak sepenuhnya tepat.

GPI ternyata juga seperti PGI --organisasi payung dari beberapa denominasi gereja. Terdapat sekitar 12 gereja-gereja bagian mandiri di GPI, antara lain GMIM, GMIT, GPIB, GPIBT, GPID, GPIG, dan lainnya.

"Ternyata kekristenan di Indonesia begitu banyak lekukannya," gumamku. Selama ini aku hanya mengangggap kekristenan bersifat tunggal tanpa layer. Pengetahuan baru ini semakin melengkapi database keagamaanku sebagai Muslim. Aku bisa menggunakannya, misalnya, untuk membantu teman-teman Muslimku saat mempelajari ragam denominasi kekristenan Indonesia.

Mungkin sikapku ini agak tidak lazim. Seharusnya aku tetap bersetia memelihara warisan kemarahan historis Islam-Kristen, mirip seperti kontestasi keluarga vampire Cullens versus klan werewolf Jacob dalam Twilight. 

Hanya saja, aku berpikir kemajemukan Indonesia harus dijadikan modalitas untuk memutuskan pewarisan tersebut. Muslim dan Kristen --juga agama/keyakinan lainnya-- perlu saling mendukung. 

Aku membayangkan, jika sebuah masjid dibangun, warga non-Islam berbondong-bondong bergotong royong. Sebaliknya, saat gereja, pura, vihara, klenteng, dan sanggar pamujan didirikan, orang-orang Islam datang membawa aneka kebutuhan pembangunan.  

"Sist, aku akan membuat video ucapan selamat namun nampaknya aku tidak bisa hadir dalam acara. Bentrok dengan acara lain" kataku kepada Sisca sembari meminta maaf.

Pada hari H, Pendeta Liestje mengontakku melalui WA sembari mengirim link zoom. Kode agar aku bisa bergabung.

"Kak, sorry nggak bisa join. Tapi kemarin beta kirim video via Pdt. Sisca. Dirgahayu GPI ke-416. Majulah kekristenan di Indonesia," kataku.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

EMPAT TIPE IDEAL PERKAWINAN BEDA AGAMA (PBA); KAMU ADA DI MANA?

Surat Edaran Mahkamah Agung No. 2 Tahun 2023 semakin menyulitkan mereka yang ingin PBA tanpa mengubah kolom agama di KTP. SEMA a quo secara ...

Iklan

Tulisan Terpopuler